The NTUST

Posted: September 20, 2011 in Taiwan Story

Kali ini saya akan menceritakan mengenai kampus saya, National Taiwan University of Science and Technology.  Untuk cerita kali ini, lebih banyak berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya aja ya…terutama di Industrial Management Department. Info dan fakta tentang NTUST juga bisa dibaca di sini. Berikut ini beberapa view kampus…
*Seperti biasa…langsung klik di gambar bila ingin memperbesar…

Jing-Chen sculpture

Jing-Chen sculpture (2)

International building

Coba perhatiin…ada tupai nya lhoo…

Pepohonan deket tempat tupai2 tadi…

Lecture & Academic


Gedung kuliahku

Kuliah di sini bisa dibilang susah susah gampang (banyak susahnya,hehe…). Ini baru di awal kuliah, kebanyakan baru perkenalan aja…tapi sudah bisa membayangkan tugas yang menggunung di depan mata… Di awal kuliah, dosen akan memberikan kertas yang berisi silabus, buku yang dipakai, kriteria penilaian dan hal2 lain terkait kuliah. Untuk program yang saya ambil, kuliahnya pakai bahasa Inggris. Ada dosen yang bahasa Inggrisnya bagus, ada juga yang biasa. Mahasiswanya juga gitu…mahasiswa lokal pun ada yang bahasa Inggris nya pas-pas an…begitu juga dengan mahasiswa internasional dari negara lain.

Untuk pemilihan mata kuliah dilakukan lewat student information system…mirip SIM akademik di ITS. Di sini kita juga bisa ambil mata kuliah dari jurusan lain. Saya sendiri ke depannya berencana mengambil beberapa mata kuliah dari jurusan MBA, construction engineering, applied foreign language, dan computer science. Di awal semester, tiap mahasiswa juga bisa pilih dosen untuk menjadi advisor nya. Setau saya, advisor inilah yang berperan sebagai dosen pembimbing thesis sekaligus dosen wali kita selama 2 tahun kuliah. Begitu kita memilih advisor, maka kita juga akan tergabung di Lab dosen tersebut dan biasanya akan dapat 1 meja beserta komputer di Lab itu. Selain itu, kita juga bakal terlibat di project2 sang dosen…baru hari pertama kuliah saja, professor saya udah ngasih project… –”

Sedikit cerita, kemarin saya kuliah enterprise modeling & analysis yang diajar oleh Prof. Chao Ou-Yang, yang bahasa Inggris nya oke punya…. Kebetulan di kuliah ini banyak banget mahasiswa Indonesia-nya….70%! Sisanya orang lokal, orang Vietnam, dan ada juga 1 cewek dari Russia. Prof Yang ini kalo ngajar billingual….habis njelasin dalam Bhs. Inggris, dia ulang lagi pakai mandarin… mengakomodasi anak2 lokal yang Inggris-nya pas-pasan. Tadi kita kuliahnya di ruang MA-101…bisa dibilang seperti TI-104 kalo di TI ITS…ruangan kuliah yang paling ‘wah’…

The lecture of enterprise modeling & analysis

Sedangkan tadi juga ada kuliah di MA 101, Production Management System. Yang ngajar Prof. Wang… Bahasa Inggris nya masih kalah bagus kalo dibanding Prof. Yang. Saya, bayu dan mas anta setuju kalo mata kuliah ini tugasnya banyak gilaaa…selama kuliah di ITS gak pernah nemu mata kuliah yang tugasnya amit2 kaya gini…ngeriii…

The lecture of production management system

The lecture of inventory management

Kalo untuk baju yang dipakai kuliah…harus sopan dan rapi lah…Berkemeja dan bersepatu udah jadi standar di sini,,, apalagi yang cewek bawahannya harus di bawah lutut lah….Really? Kata siapa??? Yang bener itu, di sini :
Mau pakai kaos? sandal? celana pendek? hot pants? SILAHKAN!
Mau presentasi di depan? Mau ketemu professor? Mau ke perpus? Mau pake apa aja terserahhhhh…
Contoh ekstrim :
singlet + celana pendek + sandal (cowok) atau you can see + hot pants + sandal (cewek)… it’s up to you guys…(and it’s happened!!)
*Note : Tapi ini udah mulai masuk fall, udah agak dingin…jadi pakaiannya udah mulai tertutup…hehe..

Dining

Soal makanan, untuk yang muslim memang pilihannya terbatas. Tapi di kantin 3 NTUST ada 1 food stand yang menyediakan makanan halal kok…walaupun menunya seringkali itu2 aja. Selain itu juga ada food stand vegetarian dan beberapa makanan vegetarian instant serta roti di minimarket 7/11. Sekali-kali juga bisa nyobain makanan-makanan halal di luar kampus…tapi harganya jelas lebih mahal, minimal 2x lipat dari yang di kampus. Untuk rasa makanannya, memang kalah spicy dibanding masakan Indonesia…tapi gak jelek2 amat lah…

Btw…kita ulas sedikit mengenai food stand halal di NTUST ya…Food stand ini letaknya di kantin 3 NTUST. Kantin-kantin di NTUST modelnya seperti food court. Aturan umum ketika makan di kantin adalah,,,selesai makan, meja harus bersih seperti semula. Piring makan harus diletakkan di tempat yang sudah disediakan…sampah sisa makanan ataupun sampah plastik juga harus dibuang di tempat yang sudah ditentukan…dan kursi juga dimasukkan lg ke meja. Untuk kantin halal-nya sendiri sistem nya makan prasmanan. Kita ambil lauk sama sayur dulu, terus ditimbang….per 100 gram bayar NT 15. Untuk nasi nya 1 mangkok NT 5…biasanya sih kita-kita pada kurang kalo nasi cuma 1 mangkok…biasanya beli 2 mangkok…hehe… Untuk food stand ini sebenernya gak semua masakannya halal…untuk makanan halal nya dipisahkan dan dikasih tanda khusus.

Suasana kantin 3

Masih kantin 3

Makanan di halal food stand

Facilities

Fasilitas di sini lumayan lengkap. Perpustakaan dan klinik udah biasa, sama kaya di Indonesia…cuma mungkin di sini kualitasnya lebih bagus. Internet-nya juga oke…bisa wifi atau LAN. Pernah nyoba download pake wifi, bisa sampe 500an kbps…kalo LAN belom pernah nyoba sih…mestinya lebih cepet lagi. Untuk fasilitas olahraga nya lebih oke lagi… Ada berbagai fasilitas olahraga (basket, tennis, volley, ping pong, billiard, gym, badminton…)  dan juga kolam renang indoor…! Ini yang saya suka, hehe… Kita juga bisa ambil kelas olahraga for free…saya sendiri rencananya mau ambil swimming class.

Untuk asrama nya…in my opinion “sebenernya” gak jelek2 amat…cuman asramanya ini udah berumur, makanya jadi kelihatan kurang bersih. Untuk mahasiswa internasional, ditempatkan di Dormitory 1. Dari namanya udah jelas tuh, dorm yang pertamakali dibikin dari 3 dorm yang ada. Bangunannya pun paling cebol, cuman 5 lantai aja. Beda sama dorm 2 dan 3 yang belasan lantai. Kalo dorm 2 dialokasikan untuk mahasiswa lokal, sedangkan dorm 3 untuk cewek. Denger2 (dan sempat liat dikit), dorm 2 sama 3 isinya lebih bagus daripada dorm 1. Sedikit heran juga,,,kenapa kita yang ‘tamu internasional’ ini malah ditempatkan di oldest dorm. Tiap dorm dilengkapi lounge…cozy room buat kumpul bareng lah intinya… Laen kali bakal saya ulas lebih detil tentang asrama nya…

My dorm

Swimming pool

Volley court

Basketball & tennis court

Running track

Ping pong facilities

Dan yang spesial…paving2 di sini berkilauan kalo kena cahaya (sebenernya lebih bagus lagi, sayangnya kamera tidak mendukung)

Okeh….sekian dulu untuk kali ini. Disambung lagi lain waktu…
^^

Comments
  1. bagusaji946 says:

    Wah, mas biaya sendiri atau beasiswa? Saya jg tertarik kuliah di ntust .

  2. zaendarma says:

    Mas, saya diterima s3 di Industrial Managemen di NTUST. Boleh minta email dan nomer kontaknya? biar bisa nerusin jekan nieh :-) . Terima kasih arifin.laneaz@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s