IELSP Cohort 9 : Sebuah Kesempatan yang Lain???

Posted: November 15, 2010 in Story of My Life

Kemarin iseng-iseng buka situs IIEF di iief.or.id…sekilas nggak ada perubahan signifikan di situ. Tiba-tiba mata tertuju ke random image yang ada di sebelah kanan bawah web page. What??? IELSP Cohort 9 udah dibuka!!! Deadline nya tanggal 10 Januari 2011. Sayang nih image-nya nggak bisa diperbesar, cuma itu aja yang bisa dilihat dari gambar thumbnail yang ada di situ.

Sesaat, aq menjadi sangat ‘bergairah’ dan menggebu-gebu. Wah, ternyata masih ada kesempatan buat aq. Kalo aq nyoba kali ini nggak bakal gagal lagi deh! Eits…tiba-tiba mikir juga. Deadline nya Januari. Terus seleksi interview-nya kapan? Kalo keterima, berangkat ke US nya kapan? Pastinya nggak nutut lah. Cohort 9 ini pasti berangkatnya semester ke-2 tahun 2011. Udah sidang dong…udah lulus dong…bukan mahasiswa lagi (aminnn…). Berarti udah nggak eligible buat ikutan. Sigh…

Sempat terpikir…apa aq semester depan cuti aja ya? Tapi tetep ngerjain Tugas Akhirq. Toh semester depan juga cuman tingga TA itu aja, nggak ada kuliah lagi. Tujuannya biar aq masih punya status mahasiswa di semester ke-2 2011, jadi bisa daftar IELSP Cohort 9 ini.  Masa studiq juga bakal tetep dihitung 4 tahun. Lumayan kan, bisa dapet pengalaman ke Amerika. Tapi…is it worth? Apa bener-bener layak kalo aq menunda kelulusanq gara-gara memberatkan kesempatan ini? Lagian kalo aq daftar juga belum tentu diterima. Apa nanti ortu bakal setuju? Gimana pandangan orang-orang kalo keputusan ini jadi aq ambil?

Gara-gara hal ini, aq sedikit menyesali kegagalanq kemarin. Kok bisa-bisanya aq gagal gara-gara dokumen. Padahal semuanya sudah aq siapkan sejak jauh hari. Sejak kegagalan di Cohort 7 waktu aq masih semester V dulu…sudah aq rencanakan kalo nanti aq bakal daftar lagi pas semester 7 untuk Cohort 8. Semua kuliahq bakal aq habisin di semester 7, jadi semester 8 tinggal TA doang, jadi kalo berangkat ke Amrik udah nggak ada beban kuliah. Bisa sambil ngerjain TA dan bisa tetep lulus tepat waktu 8 semester tanpa cuti.  Bahkan aq sama sekali nggak tertarik untuk lulus 3,5 tahun. Walau sebenarnya bisa, tapi aq lebih tertarik dan ‘mbelani’ buat ikut IELSP Cohort 8. Apakah semua yang udah aq rencanakan ini sekarang mejadi sia-sia?

Well, yang jelas nggak boleh sia-sia begitu aja. Pasti ada hal lain yang bisa aq kerjakan selain TA buat semester 8 besok. Selain itu, aq harus merubah cara berfikir. Kesempatan buat dapet beasiswa ke LN dengan menggunakan status Mahasiswa S1 sepertinya sudah tertutup. So, kenapa kita nggak berganti haluan pada apa yang ada di depan kita? Sebentar lagi (Insya Allah) aq bakal berganti status jadi lulusan S1 alias Sarjana. Jadi, sekarang mulai fokus buat beasiswa ke LN buat sarjana. Apa itu? Beasiswa Master lah!!! Mungkin sekarang aq masih belum berhasil mendapatkan impianq…tapi ke depan, Insya Allah tidak ada yang nggak mungkin. Fullbright, BGF, ADS, Erasmus Mundus…I’m coming!!!

Comments
  1. dimas adika says:

    wah aku terenyuh membaca tulisan ini… Semngat aja! aku insyaAllah ikut lagi daftar cohort 9. kmren di chort 8 cuma sampe wawncara aja. SAlam kenal.

    Dimas Adika
    UNJA

    • arykaputra says:

      Salam kenal Dimas…terimakasih sudah berkunjung ke sini….🙂
      Wah, daftar Cohort 9 ya? Deadline nya tinggal seminggu lagi lho….semoga sukses ya!!!

  2. kharisma says:

    salam kenal mas, ak juga punya pengalaman hampir sama dengan anda, ini kesempatan ku buat ketiga kalinya di cohort 9, dan ini sudah 3 minggu sejak interview, apa sudah ada yang ditelp?

    • arykaputra says:

      Semoga kharisma termasuk yang terpilih kali ini ya…
      Saya kurang tahu juga, kurang mengikuti perkembangannya,hehe…
      Coba cari “IELSP” d facebook, di situ ada grup yang biasanya para alumni/calon peserta saling sharing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s