BGF : Beasiswa Pemerintah Perancis

Posted: November 24, 2010 in Learn More About

Kemarin waktu les Bahasa Inggris di CLC ITS, sempat lihat di papan pengumumannya kalo hari ini bakal ada presentasi dari Campus France Indonesia tentang studi di Perancis. Wah, boleh juga nih…Tadi siang aq n temenq, Eka Angga Riandhika a.k.a. Dozer dateng ke gedung BAAK ITS buat lihat presentasinya.

Waktu kita datang, acara masih belum dimulai. Padahal qta udah telat sekitar 1o menit…yah, memang pesertanya juga masih sedikit. Gak lama kemudian, presenter nya datang….seorang cewek Perancis ditemani oleh seorang cowok Indo. Awalnya si cewek Perancis mengenalkan diri dan mengenalkan apa itu campus france dalam bahasa Inggris. Di akhir perkenalannya, si cewek bilang bahwa yang presentasinya bakal dibawain sama temennya yang orang Indo. Mungkin di presentasi tahun depan dia bakal presentasi sendiri pake Bhs Indonesia…bisa-bisa aja nih,hehe.

Presentasi pun dimulai. Awalnya qta dijelasin tentang Perancis : Fakta-fakta tentang Perancis, pendidikan di sana, n kenapa kita harus pilih Perancis buat tempat studi. Setelah itu penjelasannya menjadi spesifik tentang melanjutkan studi di Perancis, khususnya tentang beasiswa BGF. Beasiswa BGF ini diberikan oleh Pemerintah Perancis untuk sarjana yang ingin lanjut ke master ataupun master yang ingin lanjut ke doktor. Karena tadi sebagian besar yang dibahas adalah master, aq cerita yang master aja ya.

Untuk dapet beasiswa ini, kita harus tahu terlebih dahulu jurusan yang pengen kita masuki untuk program master beserta universitasnya. Setelah itu, kita harus kontak Professor di situ…menyatakan ketertarikan kita buat studi master di sana n nanya kesediaan Professor itu untuk membimbing penelitian yang bakal kita lakukan. Kalau pendaftaran untuk program itu sudah dibuka, kita bisa sekalian daftar untuk program itu. Surat kesediaan dari  Professor ataupun surat penerimaan dari universitas inilah yang membuat kita bakal diprioritaskan buat ndapetin beasiswa BGF. Selain itu, tentunya jangan lupa untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang ada buat daftar BGF. Salah satunya adalah International TOEFL 550 / DELF B2. Untuk tahun ini, pendaftarannya maksimal 31 Maret 2011. Lebih lengkapnya bisa dilihat di sini.

Menurutku, beasiswa ini cukup menarik. Namun ada beberapa hal yang aq ingin tambahkan. Sebenarnya biaya kuliah di Perancis sangatlah murah…bahkan ada yang hanya ratusan Euro. Dalam memilih program studi, kita harus tahu berapa biaya kuliah yang dibebankan, karena biasanya BGF maksimal memberikan 3000 Euro untuk tuition fee. Biaya kuliah yang mahal biasanya untuk kampus swasta ataupun program yang diajarkan dalam Bahasa Inggris. Contohnya untuk program yang saya minati di bidang Supply Chain yang diajarkan dalam Bahasa Inggris, biayanya sekitar 5000 Euro untuk kampus negeri dan lebih dari 8000 Euro untuk kampus swasta. Kalo nggak kuat untuk nambahi kekurangan biaya kuliah, ya kita ambil program dalam Bahasa Perancis aja yang biayanya lebih murah. Tenang aja, BGF bakal menyediakan kursus Bahasa Perancis selama 10 bulan di Jakarta secara cuma-cuma bagi penerima beasiswanya. Namun selama kursus di Jakarta, yang dibayari HANYA biaya kursus. Biaya hidup tidak ditanggung.

Hmmmm….padahal pengen daftar  BGF untuk tahun ini. Tapi ternyata harus pake International TOEFL…selain itu biaya hidup selama kursus di Jakarta juga harus nanggung sendiri. Apakah harus membebankan pada ortu lagi? Jangan lagi deh…Well,ke depan masih banyak jalan. Let’s see…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s