Around Taiwan (1) : First Glance of Taipei

Posted: September 15, 2011 in Taiwan Story

Hari kedua di Taipei (Senin, 11 Sept)…dipenuhi dengan ‘sedikit’ jalan-jalan. Berawal dari Mas Anta yang charger laptop nya ketinggalan di Indonesia, kita berangkat ke Guanghua Digital Mall (semacam Hi-Tech Mall di Surabaya) buat nyari charger. Jalan-jalan kali ini diikuti oleh saya, bayu, mas udi, mas anta, dan juga mas adit sebagai guide-nya. Mas adit ini baru 6 bulan kuliah di electrical engineering, tapi kayaknya udah hafal bener sama keadaan di sini. Untuk Guanghua, kita perlu naek bis dari shelter bis di Gongguan. Dari kampus NTUST kita jalan dulu lewat kampus NTU. Di NTU mampir sarapan dulu beli waffle buat sarapan…ini dia waffle isi coklat seharga NT 30 / Rp 9000. Sebenernya sih harganya NT 35, tapi karena kita pelajar, dapat diskon. Semua kantin dan supermarket di dalam kampus pun juga harganya pasti lebih murah dibandingkan di luar kampus.

Waffle isi coklat

Kampus NTU

Setelah itu “nyegat” bis 643 yang membawa kita ke Guanghua. Tarif bisnya NT 15 / Rp 4500 sekali jalan. Koin-nya dimasukin ke kotak di sebelah supir. Bayarnya harus uang pas, kalo kelebihan gak ada kembalian.

The bus

Ini dia penampakan luar Guanghua Digitall Mall.

Guanghua Digitall Mall

Di mall ini nemu beberapa barang yang lebih murah dibanding di Indonesia. HD Eksternal 2Tb dengan transfer rate 64Mbps sekitar Rp 750.000 aja kalo gak salah. Interested, anyone?

Setelah dari sini, kita lanjut ke Taipei Main Station (TMS) buat nyobain makan di tempat makan halal di dekat TMS. Buat ke TMS, kita naik MRT. Dari mall tadi jalan dikit ke Zhongxiao Xinsheng station. Untuk ke TMS dari Zhongxiao Xinsheng bayar NT 20 / Rp 6000. Kalo naik MRT tarifnya beda-beda tergantung tujuan.

Entrance Zhongxiao Xinsheng station

Tangga turunnya panjang…kira2 sama seperti 2 lantai ke bawah…

Mesin untuk beli’ token’ alias tiket

Masuk ke peron

Eskalator…turun ke bawah lagi…jadi udah turun 3 lantai nih…

Nunggu MRT

MRT datang

Inside MRT

Sampai di TMS, kaget…. Ruammeee sekaliii….

Suasana TMS

Udah gitu station-nya gedeeee banget…ada beberapa lantai dan semuanya underground! Pintu keluarnya pun juga banyaakkkk….ada yang ke arah sini, situ, sono, dll… Wah, misal harus ke sini lagi sendirian gak yakin bisa keluar dengan “selamat”….hehehe….

Setelah keluar dari TMS akhirnya kita jalan ke tempat makan yang dimaksud…ternyata masih lumayan jauh letaknya dari TMS. Ini dia tempatnya….

Ada yang bisa baca nama tokonya?

Yang unik, menu makanannya selain bahasa mandari juga ada yang bahasa Indonesia lhoo… Dan salah satu pelayan di sini juga orang Indonesia. Enak deh…gak pake bingung gimana cara pesennya. Tempat ini jualan mie sebagai makanan utama…ada juga roti sama dumpling. Kita masing-masing pesen mie daging (NT 110 / Rp 33.000) dan juga dumpling rebus isi 10 buat dimakan bareng-bareng ( NT 50 / Rp 15.000). Untuk mie, kita boleh tambah mie sepuasnya…. Mie-nya entah kenapa kerasa banyaakkkk banget. Hampir gak habis… kalo ada si Febru alias ‘Cepot’ pasti diolok2 nih…

Mie daging

Pelengkapnya : Acar, kecap asin, sesuatu sejenis minyak, dan…bawang putih?? Yang spesial, ada sambelnya juga..

Pose dulu…

Selesai makan, balik lagi ke TMS. Sempetin liat-liat underground mall-nya dan mampir ke toko Indo (sebutan buat toko yang jual barang2 Indo) yang ada di situ. Kebetulan di sini ada counter Cunghwa (provider), kita sekalian “ambil” SIM Card. Di sini, SIM Card nya gratis. Malah kita dapet kartu telepon (dengan pulsa NT 80) dan juga kartu SIM kita udah ada pulsanya NT 150. Baek banget deh….hehe…

Suasana Underground Mall

Toko Indo…

Ada Indomie & Mie Sedaappp juga…harganya NT 7 / Rp 2100

Setelah itu balik lagi ke kampus. Nyampe kamar jam 3 sore (masih sempat sholat dhuhur, ashar nya jam 3.40…hehe). Sebenernya kaki udah sangat capek sekali… Cuman pengen lihat moon cake festival di Taipei Astronomical Museum…akhirnya habis maghrib capcuss lagi deh. Buat ke museum-nya naek MRT ke daerah Shilin. Di Shilin ini stasiun MRT nya elevated (di atas tanah). Jadi memang jalur MRT di Taipei ini ada yang underground ataupun elevated. Ternyata dari MRT station museum nya masih jauhhh….

Shilin station

Museum entrance

Inside museum

To exhibit hall

Ada simulator tornado

Pertunjukan musik tradisonal Taiwan di halaman belakang

Aq kira bakal ada kaya festival…banyak orang jualan dan sejenisnya. Ternyata enggak… Kayaknya, ini museum ngerayain moon cake festival sekaligus promosi museumnya gitu… Namanya juga museum, isinya ya begitu itulah… Btw, dapet kue bulan gratis nih…rasanya manis…yang bagian hitam itu kayaknya dari kacang atau ketan….kalau yang kuning mirip2 brownies gitu teksturnya…

The (piece of) moon cake

Okeh….that was my second day in Taipei. Hari itu rasanya kaki bener-bener capekkkkkkk. Biasanya di Indonesia kemana-mana naek motor…langsung sampe di tempat tujuan. Bener-bener berbeda….tapi kata mas Adit sih awal-awal di Taipei dia dulu juga sakit banget kakinya…tapi lama-lama udah biasa….hopefully….

^^

Comments
  1. ARYKA AKU SERIUS, KLO HD EXTERNAL 500 GB DISANA HARGANYA BERAPAA??
    TITIP BELIIN PLISSS…

  2. arykaputra says:

    Hehe…semua pada tertarik sama gadget nih. Kemarin aq nggak nyatet harga2nya, ntar kapan2 tak liatin lagi….

  3. Rofichul says:

    hehe. kalo gadget jelas aku pasti request ryk.
    sering update2 yo. lumayan lah gawe sampingan engkok. hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s