Around Taiwan (5) : Enjoy Maokong Gondola

Posted: October 4, 2011 in Taiwan Story

Lanjut lagi dengan cerita jalan-jalan! Hari Minggu kemarin (2/10) saya dan teman-teman berencana mengunjungi Taipei Zoo. Sejak sehari sebelumnya, agak ragu untuk jadi berangkat atau tidak, karena beberapa hari ini cuaca di Taipei diwarnai dengan hujan sepanjang hari. Minggu pagi…awalnya hanya mendung saja, tapi ketika akan berangkat gerimis mulai turun (dan akhirnya bakal hujan ringan sepanjang hari itu). Kami putuskan untuk tetap berangkat saja lah…walaupun dengan perubahan tujuan. Awalnya yang ke Taipei Zoo dirubah jadi mencoba menaiki Maokong Gondola! Jalan-jalan kali ini diikuti oleh saya, bayu, mas anta, mas udi, mas dino, dinny, esa, mira, dan widya.

Mau ke Taipei Zoo ataupun Maokong Gondola, rute perjalanannya sama karena memang 2 lokasi ini berdekatan. Awalnya kami naik bus jurusan 1, turun di Liuzhangli. Dari Liuzhangli, kita naik MRT sampai ke Taipei Zoo Station. Oh iya, kali ini saya naik bis dan MRT nya tidak perlu bayar pake “uang”…karena sudah dapat Student ID alias KTM. Student ID kami sekaligus berfungsi sebagai Easy Card. Easy card bisa digunakan untuk pembayaran transportasi publik dan juga untuk pembayaran di minimarket seperti 7-Eleven, Family Mart, dan Hi-Life. Tentunya kita harus mengisikan sejumlah uang dulu ke easy card kita…dan tentunya saldo easy card akan berkurang sesuai pemakaian. Bisa dibilang easy card ini seperti kartu kredit sederhana tapi nggak ada biaya administrasinya dan juga ada diskon untuk naik publik transport..

Untuk jalur MRT yang ke Taipei Zoo, platform nya elevated…ada di atas tanah (beberapa jalur MRT lainnya ada yang di bawah tanah atau kombinasi keduanya). Karena dipisahkan oleh bukit, jalur MRT ke Taipei Zoo juga melewati terowongan menembus bukit. Begitu sampai di Taipei Zoo Station, langsung ada sign penunjuk jalan ke arah Taipei Zoo dan ke Maokong Gondola.
** Seperti biasa, klik kanan > open link in new tab bila ingin melihat gambar dalam ukuran lebih besar

Stasiun MRT Liuzhangli

Eskalator menuju peron…kalau di sini, semua tertib naek di sebelah kanan…lajur kiri untuk yang ingin mendahului…

Pemandangan dari Stasiun MRT Liuzhangli

Our train has arrived…

Inside the MRT…

View from MRT (1)

View from MRT (2)

View from Taipei Zoo Station

The choices…we chose the second one…

The Taipei Zoo MRT Station

The elevated railwayThe MRT train

Dari Taipei Zoo MRT Station, jalan 5 menit ke Taipei Zoo Gondola Station…

The gondola platform is on the 4th floor…

Ready to get into the gondola…

Maokong gondola memiliki 4 station : Taipei Zoo Station, Taipei Zoo South Station, Zhinan Temple Station, dan Maokong Station (lihat peta di bawah). Tarif nya adalah NT 30, NT 40, dan NT 50 untuk melewati 2,3, dan 4 station. Jadi kalau kita dari Taipei Zoo Station ke Maokong Station bayarnya NT 50 (karena melewati 3 station).  Jika berangkat dari Taipei Zoo Station dan ingin berhenti di setiap station yang ada, bayarnya lebih mahal…yaitu NT 30 x 3 = NT 90. Jadi kami memutuskan untuk langsung ke station yang terjauh saja (Maokong Station)…tidak pakai berhenti di station lainnya. Oh iya, harga tiket tadi berlaku one way saja…jadi untuk baliknya ya beli tiket lagi….
Karena cuaca saat itu sedang hujan ringan…jarak pandang jadi agak terbatas. Selain itu, kaca gondola dipenuhi butiran air…maaf kalo foto-foto nya jadi kurang jelas….

Peta Maokong Gondola (source)

View from gondola (1)

View from gondola (2)

View from gondola (3)

View from gondola (4)

View from gondola (5)

View from gondola (6)…sebenernya view ini bagus banget…aslinya seperti gambar di bawah :

On the better weather and with better camera, that will be looked like this… (source)

View from gondola (7)

View from gondola (8)

View from gondola (9)

Inside the cabin…

View from gondola (10)

Sampai juga di Maokong Station. Maokong sendiri sebenernya adalah daerah penghasil Teh. Menurut saya sih sebenarnya tidak banyak yang bisa dilakukan di sini (moreover, due to our limited budget…hehehe…). Yang bisa dilakukan adalah minum teh dan jajan di kedai-kedai yang ada di situ…ataupun mengunjungi beberapa kuil…tapi kuil yang terdekat dari gondola station berjarak 1 km an. Sebenernya bisa naik minibus yang ada di situ,,,tapi karena kurang informasi + limited budget + males jalan kaki (hujan dan berangin), akhirnya kita hanya keliling di sekitar gondola station aja. Cuaca saat itu masih hujan ringan dan anginnya kenceennggg banget…sampe bisa bikin payung jadi rusak…belum lagi dinginnya yang lumayan juga…

View at Maokong (1)

View at Maokong (2)

View at Maokong (3)

View at Maokong (4)

View at Maokong (5)

View at Maokong (6)

Setelah keliling gak jelas selama satu jam, akhirnya kami memutuskan untuk kembali. Di perjalanan kembali, kami menggunakan crystal cabin gondola…yaitu gondola yang lantainya terbuat dari kaca…jadi bisa langsung lihat view ke bawah. Tarif nya sama saja dengan cabin biasa, hanya saja harus antri sedikit lebih lama karena cabin jenis ini jumlahnya terbatas. Di perjalanan pulang ini…di tengah jalan anginnya sempat kenceng banget,,,sampe bikin gondola nya bergoyang dombret…udah gitu angin kenceng ini bertiupnya saat gondola berada di atas lembah yang dalemmm banget….ngeriiii…hehehehe….. Alhamdulillah bisa pulang dengan selamat dan menulis cerita di sini….🙂

The gondola platform…

Crystal cabin view (1)

Crystal cabin view (2)

Crystal cabin view (3)

Sebenernya pemandangan ke bawah lewat lantai kaca biasa aja sih…nggak begitu bagus-bagus amat. Yang beda adalah sensasi lantai kaca nya itu yang bikin pandangan loss ke bawah…knowing how far we are to the ground. Buat yang ingin lihat contoh view dari lantai kaca nya bisa lihat di video berikut…. (maaf kualitasnya kurang baik…)

And the last….foto narsis kita….(minus mas udi yang jadi fotografer nya)

mas dino, mira, saya, widya, mas anta, bayu, esa, dinny…

Thanks for reading….!

^^

Previous related posts :
Around Taiwan (1) : First Glance of Taipei
Around Taiwan (2) : Trying Our New Bike
Around Taiwan (3) : It’s About Shopping Place
Around Taiwan (4) : Hiking at Xiangshan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s