Around Taiwan (6) : Taiwan’s 100th Anniversary

Posted: October 12, 2011 in Taiwan Story

Happy 100th anniversary, Taiwan!

10 Oktober kemarin merupakan hari jadi Taiwan ke-100. Tentunya pemerintah Taiwan sudah menyiapkan beberapa event untuk memperingati hari jadi negara mereka. Oleh karena itu, kesempatan wisata gratis ini pastinya tidak kami sia-siakan! Peserta jalan-jalan kali ini banyak benerrr…jadi kurang efisien kalo harus disebutkan satu-satu di sini…hehe.
Jalan-jalan dimulai dari Chiang Kai-Shek Memorial Hall (selanjutnya kita sebut CKS)…merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang Chiang Kai-Sek, yang kalo tidak salah adalah pendiri sekaligus presiden pertama Taiwan (cmiiw). Waktu itu kita datang ke sana sudah agak telat, sekitar jam 2 siang. Sedari pagi kabarnya sudah banyak pertunjukan / parade yang disuguhkan. Sebenarnya kami pun juga gak begitu tahu, apa sih yang bakal dilihat di CKS hari itu. Setelah di sana, baru tahu kalau ternyata siang itu di CKS ada show off dari militer Taiwan. Kurang lebih sama seperti show off nya TNI, cuman karena pada saat itu awalnya kami belum tahu, jadi sedikit excited untuk melihat. Kami ke CKS naik MRT…begitu sampai di CKS, lagi ada parade ondel-ondel…😀
**Seperti biasa, klik kanan > open in new tab bila ingin melihat gambar dalam ukuran lebih besar

Mirip ondel-ondel….?

Gerbang masuk CKS yang megah

Eh, di depan CKS ada yang nawarin free hugs!

Inside CKS…the national theater

The Chiang Kai-Sek Memorial…dalamnya ada patung nya Chiang Kai-Sek. Seperti di The Lincoln Memorial, Washington

Show off militer di Liberty square (still inside CKS)

Taiwanese troops

Sebenernya ya gitu-gitu aja pertunjukannya. Saat kami tiba di CKS, sudah sangat ramai dengan orang lokal yang mau nonton pertunjukannya….jadi susah kalo mau lihat. Lama-lama bosan…akhirnya kami beranjak ke tujuan utama kami pada hari itu. Tiap tahun, pemerintah Taiwan menyelenggarakan Fireworks Festival untuk memperingati hari kemerdekaan negara nya. Well, sebenernya nggak tau juga nih…bener nggak ya kalau disebut “hari kemerdekaan”…secara Taiwan bisa dibilang belum benar-benar merdeka dari Cina. Orang Taiwan sendiri lebih biasa menyebutnya sebagai “double ten day” . So, instead of saying “happy independence day”, they usually use “happy double ten day.”

Festival kembang api ini dipusatkan di Dadaocheng Wharf… Ingat cerita saya yang lalu ketika nyoba sepeda baru ke Guting River Side Park? Dadaocheng ini juga merupakan salah satu River Side Park di Taipei. Di sini juga ada wisata perahu nya…kita bisa menyusuri Danshui River dan berkeliling di sekitar Taipei. Waktu itu kita sampai di Dadaocheng sekitar pukul 16.30. Ternyata sudah ramaiiii…padahal kembang api nya sendiri bakal dimulai pukul 20.30.

Gerbang Dadaocheng Wharf….bisa dilihat, sudah ramai kerumunan orang mengarah ke sana

Pertama masuk, langsung disuguhi kapal tradisional Taiwan

Masih sore, sudah pada gelar tikar…lihat juga, tripod kamera sudah berjejer…memastikan dapat spot terbaik..

Lebih banyak lagi yang datang…

Main venue…ada panggung hiburan nya…

Ada night market nya juga

Babi utuh!!!

Foto bersama bendera gratisan dari panitia… Don’t worry, we’re still love Indonesia….

Suasana saat maghrib…bertambah ramai…

Sedikit cerita… waktu itu kita mau nyari tempat buat sholat, susah banget. Jangan dibayangkan ada musholla, bisa menemukan tempat yang agak tertutup untuk dipakai sholat aja udah bersyukur. Akhirnya waktu itu sholat di bangunan kuil…hehehe… Selepas maghrib, agak bosan juga nunggu pertunjukan kembang api nya. Tapi penantian kami berbuah manis…😀
NB : Beberapa foto kembang api copas dari file teman…hehe…

Sesaat sebelum pertunjukan dimulai

And here they are… (1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

Lama pertunjukannya 20 menit. Bagus banget lah kembang api nya… Belum pernah lihat yang sebagus itu (dan lihat secara langsung) sebelumnya. Begitu pertunjukan selesai…langsung ngacir lah kami ke pintu keluar. Se ngacir-ngacir nya kami, gimanapun juga…orang yang datang sangat banyaakkkk…. Jadi lah kami mengantri selama 45 MENIT untuk mencapai pintu keluar dengan suasana seperti ini :

Penuhhh…yang gelap-gelap itu, semuanya manusia lho!

Ketika berhasil melewati pintu keluar…jalanannya pun juga dipenuhi manusia…

Wah…hari itu benar-benar capeekkkk + laparrrrr…. karena memang saat kita di sedang di luar, agak ‘challenging‘ juga buat cari makanan yang boleh dimakan. Tapi overall, pengalaman hari itu cukup memuaskan. Thanks for Taiwan Government for providing wonderful (and free) fireworks festival! Untuk teman-teman yang ingin lihat pertunjukan kembang api nya, bisa lihat di video berikut. Full duration, 20 minutes! Video recorded by Mas Hadziq Fabroyir…
Fēicháng xièxiè ní, Mas Hadziq!

Thanks for reading!

^^

Previous related posts :
Around Taiwan (1) : First Glance of Taipei
Around Taiwan (2) : Trying Our New Bike
Around Taiwan (3) : It’s About Shopping Place
Around Taiwan (4) : Hiking at Xiangshan
Around Taiwan (5) : Enjoy Maokong Gondola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s