Story from the Past (4/8) : The International Business Machines

Posted: October 16, 2011 in Story of My Life

Lanjut lagi dengan pengalaman menjadi job seeker. Kali ini adalah cerita untuk proses seleksi di International Business Machines, IBM. Merupakan perusahaan terbesar ke-52 dunia (based on Fortune 500 list) dan sudah berumur 100 tahun! Bagi beberapa orang, nama IBM mungkin kurang familiar. Wajar memang, karena bisnis IBM memang lebih bersifat B2B alias Business to Business…lebih banyak melayani corporate customer. Untuk lamaran kali ini, sebenernya bukan untuk permanent job position…melainkan apprenticeship. Programnya sendiri bernama IBM Apprenticeship (2011). Peserta akan melakukan magang selama 3 bulan di IBM. Awalnya akan diberikan materi seputar ke-IBM-an dan juga soft skills. Setelah itu, melaksanakan magang di dua divisi dari 4 atau 5 divisi (lupa) yang ada di IBM Indonesia. FYI, program magang ini bisa diikuti oleh kebanyakan jurusan, gak harus dari IT. Direktur IBM Indonesia yang sekarang aja background nya dari Akuntansi…dan direktur sebelumnya dari Arsitektur…

Apa keuntungan dari mengikuti program ini?
1. Kita akan mendapatkan pengalaman kerja di IBM, yang katanya merupakan perusahaan ‘pendidik’ calon karyawan handal atau semacam itulah…  Katanya sih, kita bakal dapat precious experience selama ikut program magang ini…merasakan atmosfer kerja di IBM. IBM sendiri katanya merupakan pencetak orang-orang yang handal di bisnis IT…karyawan IBM banyak yang diincar sama perusahaan macem Microsoft gitu…(katanya lho yaa…dikasih tau pas sesi presentasi dari IBM)
2. Selesai program magang, peserta magang akan diprioritaskan untuk mengisi lowongan yang ada di IBM Indonesia (yang cocok dengan minat dan divisi tempat kita magang) . Tapi saat kita selesai magang, lowongan itu gak mesti ada. Kadang 1-2 bulan setelah selesai magang baru ada lowongan…tapi IBM ensure bakal benar-benar diprioritaskan. Secara mereka sudah invest di kita selama kita mengikuti program magang tersebut…
3. (They said) Competitive salary during apprenticeship program…

Waktu itu saya tau ada lowongan buat apprentice program ini dari internet. Saya daftar langsung lewat situs IBM…bikin account…isi data dan upload file. Beberapa waktu setelah daftar, dapet emai dengan kata-kata pembuka yang sangat mengundang… “Congratulation! You have been selected from more than 1000 applicants for IBM Apprenticeship program.” Selanjutnya diberitahukan detail mengenai tes terulis, dimana kita harus bawa alat tulis dan non-scientific calculator. Selain itu, kita juga diharapkan datang di acara IBM Goes to Campus…semacam presentasi pengenalan IBM gitu lah. Mengenai presentasi IBM Goes to Campus-nya, saya rasa cukup oke. Saya jadi tahu bahwa IBM itu memang perusahaan yang keren. Mesin ATM, floppy disk, hard disk drive adalah sedikit dari berbagai macam penemuan IBM. Yang oke lagi, ada beberapa merchandise IBM buat yang datang di acara ini…selain itu juga dapat snack box yang isi nya cukup berlimpah…hehe…

Tes tulis diadakan sehari setelah acara IBM Goes to Campus. Hhhh…saya udah lupa apa saja materi tes nya. Seingat saya sih ya tes psikotes (yang seingat saya cukup susahhh) dan juga ada tes dimana kita dikasih suatu case, lalu disuruh menuliskan pendapat kita (dalam bahasa Inggris). Case nya mengenai hal umum kok,,,waktu itu case saya mengenai pro-kontra pabrik rokok. Setelah tes…kita disuruh menunggu pengumuman kelolosan ke seleksi wawancara yang akan dilaksanakan siang-sore itu juga. Katanya, kelolosan didasarkan pada standar nilai yang ditetapkan IBM…jadi bukan sistem kuota. Ketika hasil pengumuman ditempel, alangkah terkejutnya saya…cuma 10 orang aja yang lolos! Dan nama saya tidak ada di daftar itu. Ya sudahlah… Tapi ternyata cerita tidak berakhir sampai di sini. Setelah pengumuman, kami diberi lunch box (bondo banget ya IBM). Saat menyantap lunch bersama teman-teman, saya dihubungi pihak IBM. Katanya terjadi kesalahan, seharusnya ada 12 orang yang lolos (sementara yang di pengumuman tadi hanya 10) dan saya termasuk di antara 2 orang yang namanya tidak tercantum. Saya pun diberitahu jadwal untuk tes interview sore itu.

Sorenya, saya kembali untuk interview. Yang meng-interview saya waktu itu adalah orang yang akan menjadi “kepala sekolah” di program apprentice nanti. Pertanyaannya seperti biasa, seputar CV. Selain itu juga ada pertanyaan yang sedikit menguji wawasan kita. Saya lupa apa pertanyaannya, pokoknya kalo sering baca berita pasti bisa jawab. Dari pertanyaan tadi juga berkembang ke kemampuan kita dalam berpendapat dan menganalisa masalah. Saya juga ditanya mengenai persoalan tersulit yang pernah dihadapi selama menjalani kuliah (maksudnya bener-bener dalam mata kuliah tertentu, bukan masalah kehidupan secara umum). Langsung aja saya ceritakan tentang masalah permodelan forward & reverse distribution di tugas akhir saya,hehe… Selain itu juga ada 1-2 pertanyaan yang ditanyakan dalam bahasa Inggris untuk menguji kemampuan bhs Inggris kita.

Setelah wawancara…diinfokan bahwa hasil tes akan diberitahukan kemudian. Tes selanjutnya adalah interview di Jakarta. Beberapa minggu setelah tes interview…akhirnya kabar yang ditunggu-tunggu tiba juga. Pada suatu siang di awal Mei (lupa tanggalnya), saya ditelpon pihak IBM…diberi tahu bahwa saya lolos ke tahap interview selanjutnya di Jakarta…saat itu si penelpon bilang bahwa detail waktu dan tempat nya akan diberitahukan selanjutnya. Alhamdulillah,,,seneng juga rasanya waktu itu. Untuk cerita tes interview di Jakarta akan diceritakan di posting selanjutnya….😀

To be continued,
Thanks for reading!

^^

Related posts :
Story from the Past (1/8) : The Background
Story from the Past (2/8) : The (Biggest) Korean Company
Story from the Past (3/8) : BP is (not) British Petroleum
Story from the Past (5/8) : Road to Study Abroad
Story from the Past (6/8) : A Week in Jakarta (Part 1)
Story from the Past (7/8) : A Week in Jakarta (Part 2)
Story from the Past (8/8) : Found My Destiny

Leave a Reply

