Eid Al Adha 2011 in Formosa

Posted: November 13, 2011 in Taiwan Story

Post kali ini bercerita mengenai suasana idul adha di sini…sudah seminggu yang lalu, telat ngepost nih….hehe…

Di H-1 alias hari Sabtu, tepatnya Sabtu sore, kami pergi ke masjid besar karena kebetulan ada buka puasa bareng di situ. Biasa laahhh…kita tidak ingin melewatkan makan gratis…hehe. Hari itu menu-menu nya menu masakan timur tengah. Diawali dengan Ta’jil berupa kurma dengan ditemani beberapa macam roti dengan beberapa pelengkap seperti kuah kari, minyak zaitun + madu, dan juga bubuk rempah-rempah. Baru kali ini makan roti model begini. Untuk rasanya sih…so so lah kalo menurut saya. Setelah sholat Maghrib, barulah makan makanan yang ‘sebenarnya’. Nasi dengan ayam bumbu kari dan juga bola daging dengan bumbu yang mirip bumbu rendang. Cara makannya hampir sama dengan makan tumpeng. Makanan dan lauk diletakkan di satu nampan besar….lalu dimakan bareng-bareng dari nampan itu….dan pakai tangan! Lazzisssss…. Setelah makan, lanjut sholat Isya dan takbiran. Waktu denger takbiran ini…entah kenapa saya jadi ingat suasana di rumah. Walaupun pandangan mata saya menunjukkan suasana yang sangat berbeda dengan di Indonesia, tapi telinga saya mendengar suara takbiran yang membawa sensasi ‘pulang kampung’. Seketika itu juga langsung menjadi terharu…..dan ketika menoleh ke sebelah, seorang teman dari Indonesia malah sedang mengusap air mata. Apakah kami merasakan hal yang sama?

Esok paginya, kami pergi ke Taipei Main Station (TMS) untuk melaksanakan Sholat Id. Kalau tidak salah, ini adalah kali pertama diadakannya sholat id khusus dari dan untuk masyarakat Indonesia. Acara ini diselenggarakan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei dan PCNU Taiwan. Pagi-pagi jam 6.30 kami sudah berangkat ke TMS…sholat id dilaksanakan di lapangan yang ada di depan TMS. Pertama datang di venue nya…hmmm…kok kecil ya tempatnya?

The venue

The venuewith Taipei Main Station on the background

Bener kan…kecil kan tempatnya? Tapi ini bukan Indonesia bung! Tempat segitu aja ternyata juga nggak penuh kok,hehe…. Karena sholat id kali ini ditujukan khususnya untuk masyarakat muslim dari Indonesia, khotbah nya berbahasa Indonesia. Khotib nya pun langsung diimpor dari Indonesia. Hal yang menarik adalah…karena sholat id ini dilaksanakan di depan TMS, which is the main hub for railway services in Taipei, pastinya ramai orang lalu lalang. Banyak banget orang Taiwan yang terbengong-bengong dengan apa yang sedang kami lakukan di situ. Banyak orang yang ambil-ambil foto…ada juga yang berhenti dan berdiskusi bareng mengenai apa yang kami lakukan…bahkan ada yang terpana melihat ke arah kami sambil terus berjalan hingga hampir menabrak tiang, seriously!

Suasana setelah sholat

Setelah sholat, kita kemana??? Denger bisik-bisik kalo di dekat TMS ada rumah makan yang jual masakan Indonesia! Dengan langkah pasti, kami pun melenggang kangkung ke rumah makan itu. Letaknya sangat dekat dengan TMS. Sepanjang jalan ke sana, banyak banget bertemu dengan orang Indonesia…suasana nya udah kaya di Jakarta aja tuh. Begitu sampai di sana, ternyata yang kami dapat bukan hanya rumah makan, tapi kompleks Indonesia! Rumah makannya gak cuma satu… at least berjejer tiga rumah makan yang jual masakan Indonesia…terus juga ada cabang BNI, ada toko yang menjual  barang2 Indonesia, bahkan ada juga salon milik orang Indonesia. Wahwah…coba saya tau tempat ini dari dulu…
Di situ sama sekali gak kerasa lagi di Taipei,,,semuanya orang Indonesia….dan tempatnya itu, yaaah…agak-agak sedikit kurang bersih gitu laa…

Deretan rumah makan Indo

Kami makan di sini

Menunya? Jangan ditanya…Komplit! Ada menu yang prasmanan (berbagai macam masakan Indonesia) dan ada juga yang bisa pesen, macam bakso, nasi goreng, gado-gado, pecel, dll…banyak banget lah pokoknya. Selain itu juga ada jajanan khas Indonesia lhoo…

Nasinya pun ada nasi putih dan nasi kuning

Banyak macem pilihan….uppsss, ada yang numpang tampil…

Menu sarapan pagi itu : Nasi kuning, babat ala masakan padang, kering tempe, dan oseng2 teri-kacang. Harganya  NT 115 ato sekitar 34.000.

Berbagai pilihan jajanan Indo….dadar gulung, kue lapis, klepon, dll….saya sampe gak tau namanya…

Gorengan ala Indo…bakwan, tempe, TETEL, dll…

Selesai bernostalgia dengan suasana Indonesia, kami kembali ke kampus. Rencananya, malam itu bakal ada makan-makan bareng yang diadakan oleh mahasiswa muslim Indonesia-NTUST ….dengan mengundang mahasiswa muslim dari negara lainnya juga. Jadi, siang sampai sore nya kami menyiapkan acara untuk malam hari. Saya waktu itu kebagian ikut bantu memasak. Memasak nya dilakukan di rumah salah satu orang Indonesia yang tinggal di Taipei. Sebelum masak, sama Ibu’nya menawari untuk makan dulu…wah, pasti kesempatan langka itu tidak disia-siakan…hehe. Langsung deh kita sikat! Menunya waktu itu ada lontong + rendang + opor ayam + sambal goreng kentang + sayur lodeh. Mantaapppphhh, terimakasih banyak Bu Eni…🙂

Malam harinya, berkumpulah mahasiswa-mahasiswi muslim dari seluruh penjuru NTUST…hehe…. Pastinya gak ada yang mau melewatkan acara makan-makan ini. Sebelum acara ‘inti’ dimulai, ada acara formal dulu…barulah setelah itu acara inti kita mulaiiii… Menu makan malam itu adalah : Sate-gule-sambal goreng kentang-bihun-bakwan…manteppp!

Loh…pada ngantri apa nih?

Apa lagi kalo bukan antrian ambil makan….hehe…

Pasukan pembakar sate…thanks guys!

Bintang utama malam itu…

Alhamdulillah, pengalaman sholat Id yang sangat berkesan buat saya. Berkumpul bersama teman-teman seperjuangan dan juga merayakan Idul Adha dengan cara Indonesia pula… Yang berkesan lagi, hari itu semua makanan yang masuk ke perut saya adalah masakan Indonesia! Tidak sabar untuk menunggu Idul Adha tahun depan…🙂

Sekian,
Thanks for reading!

^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s