Story from the Past (7/8) : A Week in Jakarta (Part 2)

Posted: December 11, 2011 in Story of My Life

Lanjut lagi dengan kisah masa-masa menjadi job seeker. Cerita sebelumnya bisa dibaca di sini sedangkan cerita mengenai seleksi awal IBM bisa dibaca di sini. Setelah menyelesaikan seleksi British Petroleum di Rabu sore itu, selanjutnya saya akan mengikuti seleksi IBM di hari Jumat. Lalu, dimana saya harus berteduh seraya menunggu hari Jumat datang?  Lanjut menginap di Hotel Mulia kah? Duit darimana….hahaha…. Untung saja ada kerabat saya yang berdomisili di Jakarta, tepatnya di daerah Srengseng. Sayangnya waktu itu rumahnya sedang ramai karena ada tamu yang juga menginap di rumahnya. Tapi Tante saya ini memang sangat baik. Kebetulan suami beliau punya unit apartemen di daerah Sudirman…hanya saja apartemen itu sedang difungsikan sebagai kantor. Tapi, ada tempat yang bisa dibuat untuk tidur…saya terima saja tawaran nginap gratis dari Tante saya…hehe… Lumayan nih, belum pernah ngerasain tidur di apartemen…wkwkwk….

Rabu sore selepas tes BP hari itu, saya meluncur ke daerah Sudirman dengan dijemput oleh supir Tante saya. Sesampai di sana, saya diberi sedikit briefing mengenai tempat-tempat di apartemen…dan yang paling penting tempat cari makan..hehe.. Kebetulan di samping apartemen ada jalan kecil yang dipenuhi pedagang makanan. Malamnya ketika saya mencari makan…banyak juga pilihannya. Kalau sekarang saya ingat-ingat lagi, jadi semakin bikin ngiler nih….bubur ayam, sate, masakan padang, soto, mie pangsit, nasi goreng, gorengan, dll….hmmmm….cukup susah untuk menemukan makanan2 itu di Taiwan! Kalau ada pun….harganya mahal dan rasanya kurang nendang…hehe…

Keesokan harinya (kamis), saya memutuskan untuk sedikit keliling di Jakarta. Awalnya saya pergi ke Plaza Indonesia untuk melihat venue interview keesokan harinya. Setelah itu, lanjut ke museum nasional dan juga ke monas. Dari monas, lanjut ke Masjid Istiqlal….semuanya saya lakukan sendirian saja…hiks..hiks…sore harinya kembali ke apartemen. Selepas maghrib, kembali meluncur…kali ini ke Kemang untuk menemui kawan masa kuliah saya…Mirza & Dewi…hehe… Aslinya sih waktu itu saya juga masih kuliah…hanya saja teman saya ini sudah lulus duluan dalam 7 semester dan sudah kerja di Jakarta. Sekitar pukul 10 malam, saya balik ke apartemen. Capek bangett malam itu setelah seharian jalan-jalan…dan harus bangun pagi untuk keesokan harinya!

Keesokan paginya, meluncur lah saya ke Plaza Indonesia menggunakan busway. Sesampainya di sana jam setengah 9 dan pastinya belum jam buka mall. Harus cari jalan tikus nih buat masuk ke mall nya. Dan memang saat itu Urban Kitchen nya masih belum buka, namun sudah ada orang dari IBM dan beberapa interviewees. Sebelum interview, kami diberi tahu bahwa nantinya ada yang akan mengikuti satu kali interview saja dan ada juga yang ‘perlu’ menjalani dua kali interview. Namun, waktu itu kurang jelas dan memang tidak dijelaskan apakah yang hanya menjalani sekali interview berarti otomatis tidak lolos ke program magang. Setahu saya untuk interview hari itu, semua interviewee nya berasal dari ITS dan ITB.

Tibalah giliran saya untuk interview. Saya lupa siapa interviewer saya saat itu. Beliau sangat ramah dan sesi interview saya berlangsung ringan…seperti ngobrol biasa. Awalnya beliau melihat CV saya dan menanyakan beberapa hal dari situ. Beliau juga menanyakan alasan saya mendaftar program magang itu. Setelah itu, beliau meminta saya untuk menjelaskan 4 business unit (BU) yang ada di IBM Indonesia. Saya menjelaskan setahu saya…setelah itu, beliau menanyakan BU manakah yang saya minati dan alasannya. Pertanyaan berlanjut menjadi seputar BU yang saya minati tadi. Saya ditanya seperti apa gambaran saya  mengenai pekerjaan di BU tersebut. Setelah saya menjelaskan, beliau menceritakan seperti apa sebenarnya pekerjaan yang ditangani di BU tersebut dan meminta pendapat saya tentang hal itu. Interview dilakukan dalam Bahasa Indonesia…namun ada beberapa pertanyaan yang diajukan dalam Bahasa Inggris.

Setelah interview pertama selesai, kami diberi voucher senilai Rp 100.000 untuk membeli makanan di situ. Selain itu, tidak lupa reimburse biaya transportasi yang akan ditransfer kemudian ke rekening kami masing-masing. Kami masih harus menunggu untuk mengetahui apakah kami masih harus mengikuti interview ke dua atau tidak. Karena sudah masuk waktu Jumatan,saya dan beberapa interviewees mencari tempat untuk Jumatan….dan ternyata di Plaza Indonesia ada tempat untuk Jumaatan nya lho!  Selepas Jumatan, kami kembali ke Urban Kitchen dan menggunakan voucher yang kami miliki. Setelah makan, dipanggil lah beberapa peserta yang ‘perlu’ mengikuti wawancara ke dua….dan saya termasuk di dalamnya. Sekali lagi…dari awal memang unclear, apakah yang ‘perlu’ mengikuti interview ke dua ini artinya lolos dari interview pertama ataukah…interview pertama nya geje sehingga masih harus menjalani interview lagi…hehe….

Interview ke dua…saya lupa mengenai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di awal interview…mengapa? Karena pertanyaan intinya jauh lebih mengesankan…hehe… Pertanyaan-pertanyaan mengesankan itu dimulai ketika interviewer menanyakan mengenai jurusan saya dan konsentrasi yang saya ambil. Waktu itu, saya menjawab bahwa konsentrasi saya di Logistics & Supply Chain. Setelah itu, interviewer meminta saya menjelaskan ilmu seperti apa yang saya pelajari di situ. Setelah ituuuu….interview bertanya mengenai permasalahan distribusi tabung gas LPG 3 kg. Beliau meminta saya menjelaskan seperti apa sistem distribusi nya dan permasalahan apa yang ada di dalam nya ditinjau dari sudut pandang keilmuan logistics & supply chain. Ditambah….solusi apakah yang kira-kira bisa diberikan IBM untuk mengatasi permasalahan yang ada dalam distribusi LPG 3 kg….WOW! Bener-bener harus mikir nih! Setelah saya menjawab pertanyaan tersebut…beliau bertanya lagi…misalnya saya jadi Direktur IBM Indonesia…dan tiba2 Presiden RI meminta IBM untuk menyelesaikan permasalahan bangsa dengan menggunakan teknologi yang dimiliki IBM…permasalahan bangsa yang manakah yang akan saya pilih untuk diselesaikan dan bagaimana teknologi yang dimiliki IBM bisa menyelesaikannya? One more…pertanyaan kali ini diajukan dalam Bahasa Inggris…dan tentunya harus dijawab dengan Bahasa Inggris pula… Alamakkk…interview ke dua ini  bikin saya berasa sedang berada di sesi 5 besar malam final Puteri Indonesia aja….wkwkwkwk…. Setelah berpikir cepat, waktu itu saya menjawab akan memperbaiki sistem jamkesmas yang amburadul. Karena saya bukan orang IT…saya pun agak meraba-raba…kira-kira bagaimana teknologi informasi bisa memperbaiki hal tersebut. Untung nya waktu presentasi awal (di ITS) diberikan beberapa contoh kasus permasalahan-permasalahan yang pernah diselesaikan IBM. Di akhir interview ke dua ini, interviewer memberikan feedback untuk saya….menyebutkan kelemahan saya yang terlihat selama proses interview, and I admit it! Oh iya…pertanyaan untuk interview bisa berbeda lho…tergantung siapa interviewer nya. Hal ini saya ketahui ketika share cerita dengan interviewees lainnya…

Sekitar pukul 15.00 saya meninggalkan Plaza Indonesia…kembali ke apartemen….packing…lalu meluncur ke rumah tante saya di Srengseng. Dari Srengseng, malamnya ke Cengkareng untuk pulang ke Surabaya dengan penerbangan jam 21.50. Selesailah petualangan saya selama (hampir) seminggu di Jakarta. Sungguh saya bersyukur…banyak pengalaman baru yang saya dapat dari seminggu di Jakarta. Bagaimanakah akhir dari ‘pencarian’ saya ini? Let’s talk about that on next final section! 🙂

To be continued,
Thanks for Reading!

^^

Related posts :
Story from the Past (1/8) : The Background
Story from the Past (2/8) : The (Biggest) Korean Company
Story from the Past (3/8) : BP is (not) British Petroleum
Story from the Past (4/8) : The International Business Machine
Story from the Past (5/8) : Road to Study Abroad
Story from the Past (6/8) : A Week in Jakarta (Part 1)
Story from the Past (8/8) : Found My Destiny

Comments
  1. edo says:

    Mas Arykaputra, gimana nih kelanjutan cerita dari proses pencarian kerja ini? Saya jd penasaran.😀
    Nice story, btw😀

    • arykaputra says:

      Wah, maaf mas Edo…..akhir2 ini saya malas buat nulis…hehehe…
      Tinggal bagian conclusion nya saja…oke akan segera saya lanjutkan nanti.
      Terimakasih sudah berkunjung ke sini…🙂

Leave a Reply

